Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menggelar sosialisasi gerhana bulan total pada siswa siswi SMA IT Muhammadiyah Bireun, Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga tersebut berlangsung dalam format pembelajaran multimedia, dialog, serta praktik pengamatan menggunakan teleskop bersama Tim Hisab Rukyat Kemenag Aceh.

Kepala Observatorium Tgk Chik Kuta Karang, Alfirdaus Putra berharap para siswa dapat mengerti lebih baik tentang proses terjadinya gerhana dari sudut pandang sains dan pandangan Islam serta hubungannya dengan ibadah usai mengikuti kegiatan di observatorium.

“Para siswa yang berkunjung juga dibekali pengetahuan pengamatan gerhana sederhana agar dapat dipraktikkan di sekolahnya secara berkelompok atau perorangan serta menganalisa perubahan visual bulan dari setiap fase gerhana yang diamati.” Ujarnya.

Gerhana bulan total akan melintasi langit Aceh pada 8 November 2022 mendatang. Gerhana mulai disaksikan saat bulan terbit di ufuk timur pukul 18.17 WIB.

Namun saat bulan terbit, gerhana telah memasuki fase total karena sebagian fase gerhana telah berlangsung sejak bulan masih berada di bawah ufuk dan tidak dapat disaksikan masyarakat Aceh.

Kementerian Agama menghimbau agar masyarakat dapat melaksanakan shalat sunat khusuf di setiap masjid, mushalla atau meunasah saat gerhana berlangsung.

“Shalat sunat gerhana dapat dilaksanakan setelah shalat fardhu maghrib dan disertai dengan khutbah singkat.” Tutupnya.