Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengunjungi stand Observatorium Tgk Chik Kuta Karang di arena Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ-RRI) ke-52 di venue seputaran Lapangan Setdakab Aceh Tengah.

Hal ini dilakukan Kakanwil Kemenag Aceh usai pembukaan PTQ Nasional RRI yang dibuka Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, Rabu 13 April 2022.

Di stand, Kakanwil melihat-lihat berbagai peralatan falakiyah yang dipamerkan. Di antaranya 4 unit teleskop, theodolite, dan juga peralatan falakiyah klasik.

“Alhamdulillah Kanwil Kemenag Aceh juga berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui Observatorium Tgk Chik Kuta Karang dan para observer. Mereka siap memberikan penerangan kepada masyarakat terkait ilmu falak dan kebijakan pemerintah terkait hal tersebut.” Ujar Kakanwil.

Kakanwil mengapresiasi upaya yang dilakukan untuk mengundang masyarakat beramai-ramai datang ke stand Kanwil Kemenag Aceh.

“Dari ujung saya berjalan melihat stand kita ini yang pengunjungnya paling ramai. Dari anak kecil sampai orang dewasa pun ada. Semoga yang singgah di stand kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat.” Katanya.

Dr. Iqbal juga berkunjung ke stand Kemenag Aceh Tengah, di stand ini ia melihat sejumlah barang-barang kerawang khas Gayo, dan ternyata hasil karya siswa-siswa madrasah di Aceh Tengah.

“Kami apresiasi karya seperti ini, tentu tidak mudah ya. Siswa telah punya inovasi yang produktif, semoga menjadi motivasi bagi siswa lainnya di Aceh untuk berbuat dan berkarya, khususnya kerajinan tangan,” ucap Iqbal.

Beberapa produk yang dipamerkan seperti tas, peci, dompet dan barang pakai lainnya, ada juga makanan dan rempah-rempah asal Gayo.

Dikatakannya, berbagai pertunjukan dan memperkenalkan berbagai produk daerah jadi sangat penting.

“Lebih lagi, saat ini dapat dilakukan promosi di berbagai medsos, harapan kita siswa madrasah dapat memanfaatkan kemudahan digital dalam memperkenalkan karya-karyanya,” kata Iqbal.

Kakankemenag Aceh Tengah, H Saidi B SAg MA dan Kasubag TU Wahdi MS MA turut hadir mendampingi Kakanwil pada kesempatan tersebut.