Tim Falakiyah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melakukan kalibrasi arah kiblat Mushalla Rumah Sejahtera Darussaadah dan Mushalla Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh pada Selasa (15/3/2022).

Proses kalibrasi tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat permohonan kedua lembaga tersebut pada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag.

Dari proses pengukuran yang dilakukan dilokasi, Mushalla Darussa’adah yang berlokasi pada koordinat 5° 30’ 57,4” Lintang Utara (LU) dan 95° 19’ 14,2” Bujur Timur (BT) diketahui memiliki azzimuth kiblat 292° 11’ 13,36”.

Sedangkan Mushalla Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh yang berada pada koordinat 5° 32’ 09,5” LU dan 95° 18’ 33,3” BT arah kiblatnya beradapada azzimuth 292° 10’ 34,67”.

Setelah melakukan pengambilan data lokasi dengan menggunakan Global Possitioning System (GPS) dan kalkulasi, tim melakukan kalibrasi dengan menggunakan theodolit yang terkalibrasi dan melakukan penandaan arah kiblat di lantai kedua mushalla tersebut.

Pengukuran arah kiblat merupakan salah satu layanan publik dari Kanwil Kemenag Aceh yang dapat diakses masyarakat umum untuk melakukan kalibrasi arah kiblat mesjid, mushalla, dan tempat publik lainnya dengan akurasi tinggi. Untuk memanfaatkan layanan ini, masyarakat dapat membuat permohonan tertulis secara resmi kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, yang beralamat di Jalan Abu Lam U, No. 9, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, 23242.

“Pemohon juga turut melampirkan Surat Permohonan Resmi dari Instansi dan mencantumkan Fotocopy KTP serta nomor kontak yang dapat dihubungi. Layanan ini tidak dipungut biaya.” Ujar Analis Kebijakan pada Bidang Urais Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, S.HI. MH.